Profil Tokoh Darso

13 February 2015 2,776 views No Comment
Advertisement

halo sahabat sunda , kali ini saya akan memberikan onformasi mengenai tokoh sunda yang berpengaruh dalam kelangsungan budaya sunda yang terus maju hingga seperti saat ini. Informasi yang akan saya sampaikan adalah mengenai Profil Tokoh darso yang dimana bagi warga jawa barat dia adalah seorang legenda musik asal jawa barat, jika di USA mempunya MJ atau michael Jackson , sunda juga tida kalah memiliki seorang seniman yang mengadbikan dirinya untuk dunia musik yakni Kang darso atau yang bernama Hendarso yang lahir pada 12 agustus 1945 di bandung jawa barat. kang darso memiliki seorang istri yang bernama epong , yang dimana ceu epong lebih dulu meninggalkan kag darso menghadap sang kuasaa. Setelah itu kang darso kembali menikah dengan Lin marlina.
image

Kang darso memulai karir di dunia permusikan dengan bergabung bersama grup musik Nada Karya Dan Nada Kencana yang dimana dirinya berperan sebagai Bassist, Kang darso juga sempat bergabung dengan grup musik atau band milik pusat persenjataan kavaleri bandung.kang darso berhenti karena tekena imbasnya dengan peristiwa yang sedang terjadi kala itu yaitu G30SPKI.

pada tahun 1986 kang darso memulai kembali atau merintis kembali karirnya dengan kakaknya yang bernama Kang Uko hendarso yaitu dengan cara menggarap musik dengan instrumen uatama yaitu alay khas sund ayang di beri nama calung. serta panineungan.

Pada saat tahun 90-an kang darso menjadi sangat terkenal atau bisa di bilang itu adalah tahun untuk dirinya dimana pada saat itu dirinya di tayangkan pada stasiun TV negeri yaitu TVRI . Yang dimana intrumen sunda khasnya sering kali di jadikan backsound pada setiap acara TVRI. Pada saat itu hingga saat ini lagu-lagu sunda kang darso yang populer ialah kabogoh jauh, dina amparan sajadah, maribaya, dan randa geulis.

Sebuah kebanggan bagi kang darso dimana dirinya mendapat penghargaan pada tahun 2005 dari gubernur jawa barat yaitu Dabi Setiawan yaitu berupa anugrah musik 2005 , selai itu pada tahun 2009 juga kang darso mendapat penghargaan dari walikota bandung pada saat itu yaitu kang dada rosada, sebagai anugrah budaya kota bandung 2009.

Dan kabar duka pun datang dari kang darso dimana pada hari senin 12 september 2011 kang darso di jemput oleh sang maha kuasa untuk menghadap-Nya. kang darso meninggal tanpa di ketahui enyebabnya  dirinya meninggal pada saat perjalanan menuju ruma sakit daerah soreang jawa barat.

nah sekian informasi mengenai profil tokoh darso , yang semoga menambah informasi pengetahuan umum anda semua, sekian dari saya nantikan informasi menarik lainnya.

 

Related posts:

  1. 4 Penyanyi Sunda Terbaik
  2. 3 Gunung Di Tanah Sunda yang Memiliki Sejuta keindahan
  3. Alat Musik Kesenian Khas Sunda
  4. Makanan dan minuman sunda yang mendunia
  5. Launching Kamus Jawa Indonesia www.kamusjowo.net
Profil Tokoh Darso | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...