3 cerita rakyat sunda yang mendunia

12 May 2015 11,405 views No Comment
Advertisement

setiap daerah memiliki cerita rakyat atau hikayat yang dimana menjadi ciri khas daerah tersebut. Begitu juga dengan darah pasundan yang memiliki banyak cerita rakyat, nah untuk mengetahui apa saja cerita rakyat yang sangat populer di daerah sunda, berikut ini informasinya.

-. Kabayan

image

cerita yang satu ini menjadi primadona di kalangan masyarakat sunda, yah siapa yang tidak tahu dengan cerita ini, selain terkenal di sunda, juga terkenal di hampir seluruh indonesia , cerita rakyat yang berlatar belakang seseorang yang tinggal di pedesaan ini, memiliki pacar bernama iteung, dimana kabayan sangat cinta beat pada nyai iteung. nah bermula dari cerita ini banyak orang yang memodifikasi jalannya cerita, sehingga bermacam-macam alur yang di pakai dalam cerita kabayan ini. bahkan cerita kabayan ini sampai di buatkan filmnya pada saat ini yang menjadi tokoh kabayan adalah didi petet.

-. legenda situ bagendit.
image

situ bagendit adalah sebuah situ atau danau yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Jawa Barat, yang lebih tepatnya sekitar 4 Km dari kota garut ini, memiliki mitos bahwa dahulu kala ada seorang waita cantik yang dimana di tuduh berbohong , lalu dirinya menceburkan diri kedalam danau, dan jika dia berbohong maka danaunya akan menjadi bau tidak sedap dan jika dia tidak berbohong maka danaunya menjadi harum seharum minyak kasturi, dan ternyata sesuai cerita setempat, bahwa danau itu sangat harum. Dengan cerita seperti itu maka tidak heran jika ada banyak orang berbondong-bondong datang ke desa bagendit untuk melihat kebenaran cerita ini.

-Legeda tangkuban perau
image

sebuah legenda yang menceritakan tentang seoran anak yang mencintai ibunya sendiri, di karenakan pada saat ia kecil dirinya tidak pernah mengenal ibunya sendiri, hingga suatu saat ketika dirinya berusia dewasa bertemu dengan seorang wanita cantik yang dimana notabene wanita cantik itu adalah ibunya sendiri. hingga tiba saatnya ibunda sang kuriang memberikn sebuah tantangan berupa harus membuat sebuah perahu besar dan mengalihkan air dari hilir ke hulu, dan dengan di bantu jin  sangkuriang pun berhasil memberesan tugasna , namun karena ibunya tidak mau menikahi ananya sehingga sngkuriangpun marah dan menendang perahu hingga terbalik , makanya kini menjadi gunung tangkuban perahu atau yang dalam bahasa indonesia di sibut juga dengan perahu yang tengkurap. cerita ini di percayai oleh masyarakat sunda sebagai cerita yang nyata ,gunung yang terletak di bandung ini menjadi primadona pada saat weekend atau liburan panjang tiba.

sekian informasi singkat ini, semoga saja sedikit menambah wawasan anda tentang sunda, mohon maaf sebesar-besarnya jika artikel saya kurang jelas atau sebagainya, nantikan informasi lainnya.

Related posts:

  1. Makanan dan minuman sunda yang mendunia
  2. 3 Gunung Di Tanah Sunda yang Memiliki Sejuta keindahan
  3. carpon bahasa sunda
  4. Rumah adat sunda
  5. Kabayan Jadi Artis
3 cerita rakyat sunda yang mendunia | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...