carpon bahasa sunda

9 March 2015 10,264 views No Comment
Advertisement

carpon atau carita pondok yang dimana dalam bahasa indonesia merupakan karangan cerita pendek adalah sebuah karangan yang tidak jauh berbeda dengan karangan cerita pada lainnya, namun yang menjadi pembeda antara carpon atau cerpen dengan yang lainnya adalah dari penokohan, alur, dan sususan cerita yang di usung.
image

Dalam bahasa sunda sendiri carpon biasanya di buat dalam bentuk fiksi, dimana ceritanya mengenai hewan atau sebagainya, nah selanjutnya saya akan berikan beberapa tips dalam membuat carpon sunda.

 

  • Tentukan cerita yang akan di tulis pada carpon
  • Tentukan judul tentunya  harus menarik , karena cerpen atau carpon ini lebih domainan memiliki judul yang memang harus menarik pembacanya.
  • Buatlah tokoh jangan lebi dari 5 orang, jika lebih kemungkinan certita akan menjadi sedikit panjang dan bukan lagi menjadi carpon.
  • Buatlah dengan menggunakan kata-kata atau bahasa keseharian jangan sampai pembaca merasa bosan karena bahasa yang di gunakan sangat baku.
  • buatlah karangan carpon ini pertama dengan menjelaskan latar dari cerita yang akan di buat.
  • Tulis semua yang ada dalam pikiran anda megenai cerita yang akan anda kembangkan.

dari beberapa tips diatas bisa diambil kesimpulan bahwa pada dasarnya carpon atau cerpen ini tidak jauh berbeda dengan cerita hanya saja mungkin beberapa hal yang membedaknnya, namun di sisi lain ada juga kadang yang awalnya adalah sebuah cerpen namun karena sangat di gemari oleh banyak orang dan memang orang sangat tertarik maka tidak heran jika cerpen itu akan di kembangkan oleh si pengarangnya.

Nah itulah sekilas mengenai cerpen, semoga dengan adanya informasi diatas anda bisa jauh tahu mengenai cerpen atau dalam bahsa sunda yang di sebut dengan carpon.

Related posts:

  1. Mengenal Perubahan Makna Kata dalam bahasa Sunda
  2. pidato bahasa sunda
  3. Belajar Bahasa Sunda yang Baik Dan Benar
  4. beberapa hal yang harus anda ketahui dalam belajar Bahasa Sunda
  5. Mengenal Perkakas Dalam Bahasa Sunda
carpon bahasa sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...