Mengenal Perubahan Makna Kata dalam bahasa Sunda

18 March 2014 14,820 views One Comment
Advertisement

Kamus-sunda-x

Berikut anda akan menyimak informasi mengenai dasar dari bahasa sunda. Bahasa sunda merupakan jenis salah satu bahasa yang ada di Indonesia yang memiliki banyak makna dan perubahan dalam bahasanya. Tetapi karena bahasa ini sendiri juga lahir dari bahasa indonesia maka sudah pasti bahasa sunda cukup banyak memiliki kata-kaya yang ternyata mendekati bahasa indonesia. Ulasan dibawah akan membahas lengkap mengenai hal tersebut.

Menyusun Kalimat Pertanyaan Bahasa Sunda

Pernahkah anda bertanya kepada orang sunda namun bingung harus memulainya seperti apa? Sama halnya dengan bahasa lainnya, dalam bahasa sunda juga dikenal sebuah istilah yang bernama basa basi. Jadi anda bisa mencoba untuk mengatakan hal ini terlebih dahulu sebagai awalannya baru kemudian anda mencoba untuk mengutarakan maksud anda yang sebenarnya. Kata yang harus anda ucapkan adalah "bade naros?". Ucapkanlah kata ini pada saat anda ingin bertanya kepada orang lain. Arti dari kalimat diatas adalah "mau tanya". Anda mungkin juga bertanya dalam hati mengapa kata "tanya" diubah sebagai "naros"? Itu adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bahasa sunda. Kata "bade" yang disebutkan di awal frase diatas juga tidak hanya bisa diartikan sebagai "mau" saja namun juga bisa anda artikan sebagai "akan". Hanya saja anda harus teliti dan jeli dalam memilih mana kata yang enak disambungkan sehingga menjadikan artinya "akan". Lalu yang harus anda ketahui lainnya adalah kata dalam bahasa sunda biasanya ada beberapa yang mengambil serapan dari bahasa indonesia.

Jenis Imbuhan dalam Bahasa Sunda

Dalam bahasa sunda juga dikenal istilah pengikisan kata atau pengurangan alfabet dalam salah satu kata yang mengandung bahasa sunda. Misalnya anda baru saja memakan makanan yang lezat anda pasti ingin mengatakan "rasanya enak". Dalam bahasa sunda bagaimana anda harus mengucapkan kata yang satu ini? Cukup mudah, anda hanya langsung saja mengatakan "rasana enak". Benar sekali, alfabet yang dihilangkan disini adalah alfabet "y". Ini juga merupakan salah satu variasi bahasa yang digunakan oleh orang yang menggunakan bahasa sunda. Jika dilihat secara teliti ternyata bahasa yang satu ini sangat mendekati bahasa indonesia. Hanya saja satu yang membuatnya beda adalah kata "rasanya" yang dirubah menjadi kata "rasana". Selain kata dibawah ini banyak juga jenis varian kata lain yang bisa anda gunakan.

Ada juga dua kata dalam bahasa sunda yang mengandung arti yang sama, misalnya adalah kata "akan" diartikan sebagai "hoyong". Padahal bahasa sunda juga mengenal kata "bade" yang artinya juga adalah "akan". Selain itu dalam bahasa sunda juga ada kata imbuhan yang bisa anda gunakan yaitu "ke". Kita biasanya dalam bahasa indonesia menyebutkan ke + tempat, contohnya adalah ke rumah, ke sekolah, ke kamar mandi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu dalam bahasa sunda, anda hanya menggunakan kata ka + tempat. Misalnya adalah ka rumah, ka sekolah, ka kamar mandi dan masih banyak lagi. Imbuhan seperti ini juga bisa anda gunakan apabila anda hendak menunjukan hal yang spesifik mengenai letak dari sebuah tempat kepada lawan bicara anda.

Related posts:

  1. Perubahan makna kata yang signifikan dalam Bahasa Sunda
  2. Mengenal Imbuhan dalam Bahasa Sunda
  3. Tata Bahasa dan Pengucapan dalam Bahasa Sunda
  4. beberapa hal yang harus anda ketahui dalam belajar Bahasa Sunda
  5. Mengenal kalimat sapa dan ungkapan dalam bahasa sunda
Mengenal Perubahan Makna Kata dalam bahasa Sunda | admin | 4.5

One Comment »

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...