Mengenal Kecap Sarimbag dalam bahasa sunda

25 March 2015 13,965 views No Comment
Advertisement

Di indonesia yang dimana terdapat kurang lebih 17000 pulau dan berjuta-juta budaya di dalamnya, memiliki ciri khas pada setiap daerahnya, salah satunya budaya sunda. Dalam budaya sunda di kenal dengan berbagai macam kosa kata yang bisa di pelajari, bahkan dalam bahasa sunda terdapat berbagai macam kata yang dimana kata itu berfungsi berbeda-berbeda dalam penggunaannya, bisa untuk orang lain ,diri sendiri , untuk orang dewasa dan lain sebagainya.
image

Pada kesempata kali ini saya akan memberikan informasi mengenai belajar kosa kata bahasa sunda dimana tema kali ini mengenai kecap sarimbag, apa itu kecap sarimbag ?

Kecap Sarimbag adalah sebuah karya kata yang dimana berbeda pengucapan atau tulisan dengan bahasa indonesia namun memiliki arti dan makna yang sama, seperti contoh di bawah ini.

bahasa sunda <=>  bahasa indonesia

- Areng = >arang : kayu bakar yang biasa di gunakan untuk memasak atau sering juga di jadikan tungku api.

-baseuh => basah : keadaan dimana tubuh terkena air,

-korsi => kursi : alat yang di gunakan untuk duduk.

- sesah => susah.

selain kecap sarimbag ada juga kecap sangaran, yaitu kata yang dimana di dalam bahasa sunda memiliki kesamaan dengan bahasa indonesia namun yang menjadi pembeda adalah makna atau artinya.

-blus : jika dalam bahasa sunda memiliki arti “masuk”, namun dalam bahasa indonesia memiliki arti bahwa blus adalah sebuah jenis pakaian.

-mutu : dalam bahasa sunda memiliki arti ulekan atau alat untuk menumbuk, sedankan dalam bahasa indonesia adalah nama lain dari kualitas.

-suku : dalam bahasa sunda memiliki arti kaki, sedangkan bahasa indonesianya memiliki arti yaitu ras pada suatu daerah misalnya suku baduy.

-lembur : artian dala bahasa sunda bahwa lembur adalah sebuah perkampungan, namun dalam bahasa indonesia artinya tak lain adalah kerja lembur.

dari beberapa contoh diatas bisa di ambil kesimpulan bahwa , sebuah kata yang memiliki nama sama belum tetu memiliki arti atau makna yang sama pula, dan selain itu dari artikel diatas kita bisa mengambil hikmah bahwa dalam bahasa sunda terdapat jutaan kecap atau kata yang memang perlu kita pelajari.

sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua, nantikan artikel menarik lainnya bersama saya.

Related posts:

  1. Mengenal istilah-istilah unik bahasa sunda
  2. Mengenal Perkakas Dalam Bahasa Sunda
  3. Mengenal Perubahan Makna Kata dalam bahasa Sunda
  4. Mengenal kata seru dalam bahasa sunda
  5. Mengenal Imbuhan dalam Bahasa Sunda
Mengenal Kecap Sarimbag dalam bahasa sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...