Mengenal istilah-istilah unik bahasa sunda

15 September 2014 112,571 views One Comment
Advertisement

Pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai istilah yang sering di gunakan dalam bahasa sunda, instilah tersebut sering kali di ucapkan berupa dalam hal makanan dan lain-lain, untuk selanjutnya pelajari beberapa istilah di bawah ini.
image

1. Kecap memet (reduksi)

yaitu kalimat yang di bangun dengan cara menghilangkan beberapa kalimat sampingan, dan selanjutnya di ambil pula kata-kata pokoknya, untuk contohnya berikut :

-Batagor = bakso tahu goreng, (Yang dimana dalam bahasa indonesia sendiri ini artinya sebuah makanan semasam bakso namun bedanya hanya di goreng saja bukan di kuah).  Dapat dilihat dalam kata batagor ada beberapa kalimat yang di tambahkan. yang asalnya satu kata di tambah menggunakan kata tambahan.

contoh lainnya:

– cireng =Aci di Goreng, sebuah makanan yang khas dari bandung dimana bahan utamanya adalah semacam terigu. sama seperti hanya kata batagor tadi ada bebrapa kata yang di tambahkan di dalamnya.

-misro=  amis di jero, yang dimana sebuah makanan di dalamnya mengandung gula.

-Tumor Jahe = Tuman Molor Jago Hees, yang arti dalam bahasa indonesia adalah seseorang yang sering tidur tentunya jago untuk tidur kembali.

-Hokcay = Molohok sabari ngacay , artinya ialah seseorang yang jikalau melihat sesuatu sangat serius namun tidak tahu apa yang ada di pikirannya entah itu memikirkannya hal tersebut atau hanya melihatnya sekilas.

 

2. kaliamat kirata basa

yaitu sebuah singkatan yang dikira-kira namun mengarah pada kenyataan. atau berupa ucapan yang menjelaskan asal kata yang dijelaskan dengan kirata. hampir sama dengan kecap memet namun bedanya disini adalah jika kalimat memet hanya singkatan yang dihilangkan beberapa kata, kalimat kirata basa hanya kata yang di singkat da singkatan ini mengandung arti yang di kira-kira namun jelas.

contohnya :

-korsi = cokor di sisi, arti bahasa indonesianya yaitu kursi yang memiliki arti bahwa kaki seseorang pada saat duduk ada di samping kiri-dan kanan kursi yang sedang di duduki.

-doktor = tukang ngodok anu kotor-kotor, yakni dokter bertugas untuk mengambil ang kotor-kotor namun dalam arti sebernarnya tidak semua dokter bertugas mengambil hal yang kotor.

-Doraka = udah- ider di naraka, atau jalan-jalan di neraka dalam bahasa indonesianya memiliki artian bahwa orang yang berdosa tidak akan jauh dari neraka jika ia meninggal nanti.

-Jelema =merejel dina beuteung emak, artinya yaitu seseorang manusia yang dilahirkan dalam rahim seorang ibu, ini tentunya memiliki artian yang jelas bahwa setiap orang di lahirkan dari seorang rahim.

nah dari beberapa kalimat di atas kita bisa ketahui bahwa ada bermacam-macam kalimat dalam bahasa sunda yang unik-unik namun memiliki arti yang khas. sekian postingan kali ini tunggu dan peajari postingan yang lainnya.

Related posts:

  1. Mengenal Perubahan Makna Kata dalam bahasa Sunda
  2. Mengenal Imbuhan dalam Bahasa Sunda
  3. Mengenal Perkakas Dalam Bahasa Sunda
  4. Mengenal kata seru dalam bahasa sunda
  5. Istilah istilah kata jatuh dalam bahasa sunda
Mengenal istilah-istilah unik bahasa sunda | risa | 4.5

One Comment »

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...