Membuat warta basa sunda

31 July 2015 9,747 views No Comment
Advertisement

bandung , tanggal 12 april telah terjadi kebakaran di sekitar kota bandung dimana si jago merah melahap sebagian besar rumah warga, telah di laporkan 3 korban tewas dan 5 lainnya luka-luka, kejadian ini berawal dari korsleting listrik , setelah kejadian ini pemerintah kota bandung berencana akan melakukan inspeksi pada setiap rumah yang memang memiliki masalah dengan listriknya.

image

kutipan diatas merupakan contoh dari warta, bisa di ambil kesimpulan bahwa warta adalah sebuah berita  yan dimana isinya menyangkut dengan keadaan sehari hari. dalam membuat warta atau berita di perlukan beberapa unsur , diantaranya adalah unsur 5W+1h , atau what,when, where ,who, why, dan how.  unsur tersebut merupakan kunci dari terntuknya sebuah warta. nah untuk lebih jelasnya berikut ini sayajelaskan satu persatu.

1. what = apa
unsur ini lebih menanyakan tentang apa yang terjadi jadi sebuah berita atau warta yang secara umum menceritakan sebuah kejadian, baik itu kejadian kriminal atau sebagainya tentunya didalamnya memiliki pertanyaan dan tujuan. dimana biasanya pertanyaan yang mendasar di mulai dari apa yang terjadi atau apa yang sedang dilakukan.

2. when = kapan
pertanyaan ini lebih menunjukan pada waktu yang terjadi dalam warta. seperti halnya kutipa diatas bisa di ambil sebua contoh “kapan tejadinya kebakaran ?” nah bisa di lihat bahwa terjadinya kebakaran pada tangga 12 april. itu pertanyaan mendasar kedua.

3. where = dimana
selanjutnya adlah where  , yang lebh cenderung menanyakan lokasi atau tempat berlangsungnya kejadian. seperti halnya diatas terjadinya kebakaran di bandung.

4.who = siapa
lebih merujuk pada orang atau orang yang menjadi tokoh utama dalam warta , seperti halnya siapa saja yan menjadi korban kebakaran dan lain sebagainya.

5. why  = kenapa
ini merupakan pertanyaan dasar yan ke lima dimana lebih menanya kan tentang sebab dari terjadinya suatu masalah hingga di muat dalam warta.bisa di lihat dari kutipan diatas bahwa jawaban yang tepat untuk why adalah akibat korsleting listrik.

6. how = bagaimana
yang terakhir adalah bagaimana , dimana yang menjadi indikasi permasalah bisa di jelaska pada pertanyaan terakhir ini. Sesuai dengan apa yang terjadi ini merupaka gambaran yang di ceritakan atau kronologis kejadian.

unsur datas adalah unsur terpenting dalam menyampaikan sebuah kejadian yang dimuat dalam warta. selain itu ada hal lain yang memang uga penting yaitu keakuratan sebuah kejadian, yang dimana itu terjadi secara asli dan tidak di buat-buat orang orang yang mencari sensasi dan sebagainya.
nah sekiah untuk hari ini semoga memberikan informasi tambahan untuk anda semua.

Related posts:

  1. Cara Membuat Aplikasi Kamus Sunda for Android plus Source Kode
Membuat warta basa sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...