Tata Bahasa dan Pengucapan dalam Bahasa Sunda

14 March 2014 46,244 views No Comment
Advertisement

Belajar Bahasa Sunda1

 

Bahasa sunda merupakan sebuah bahasa yang unik. Namun demikian bahasa yang satu ini juga adalah bahasa yang membanggakan karena membuktikan eksistensi dari salah satu jenis bahasa yang ada di Indonesia. Apabila anda hendak belajar bahasa sunda maka sebenarnya tidak sulit untuk melakukannya. Hal ini jelas dikarenakan dalam bahasa sunda sendiri tidak terlalu jauh dengan bahasa yang anda gunakan selama ini misalnya adalah bahasa jawa. Contoh yang paling sederhana bisa anda lihat dalam kata air. Anda pasti tau bahwa air disini adalah sesuatu yang berbentuk cair dan bisa berupa air minum maupun air sungai. Orang sunda tidak mengucapkan air dengan "air" tetapi mereka mengucapkainnya "cai". Nah dari sini anda bisa melihat bahwa perbedaan pengucapan dari bahasa tersebut sangat dekat dan hanya berbeda sedikit saja.

 

Intonasi dalam Bahasa Sunda

Kata cai sendiri kemudian bisa dikembangkan menjadi sebuah kalimat. Misalnya adalah anda ingin menanyakan kepada orang sunda apakah mereka memiliki air minum? Maka anda bisa mengucapkan kata"aya cai nginum" yang artinya adalah "ada air minum". Apakah anda merasa ada yang beda dengan kata diatas? Ya, kebanyakan orang sunda memang suka menggunakan kata yang berawalan y, ny, atau ng. Misalnya kata aya yang disebutkan diatas dimana kita ketahui selama ini sebagai kata ada. Ini juga menunjukan bahwa mereka memiliki logat yang varian dibandingkan dengan logat jawa pada umumnya. Masih banyak sebenarnya kata lainnya yang juga mengandung awalan maupun imbuhan diatas dan juga memiliki makna yang sama. Varian bahasa sunda yang kaya juga menjadikan banyak orang lebih mudah dalam mengutarakan maksud dari apa yang hendak mereka sampaikan ke orang lain.

 

Perubahan Kata Serapan Indonesia Ke Bahasa Sunda

Dalam kata diatas juga disebutkan sebuah kata "nginum" yang artinya adalah minum. Bahasa sunda disini melakukan perubahan terhadap awalannya saja, dimana minum kemudian dimodifikasi menjadi awalan "ng" lalu menghasilkan kata berupa "nginum". Jadi jika anda hendak berbicara dengan orang sunda dan mau mengucapkan kata minum maka gunakanlah kosa kata yang satu ini. Selain perubahan di awal kata ini juga masih banyak kosa kata lain yang juga mengalami modifikasi. Kata "aya" misalnya, yang artinya adalah saya mengalami penghilangan huruf alphabet "s", dengan adanya penghilangan salah satu alphabet ini maka nantinya bahasa sunda akan terlihat menjadi lebih indah. Salah satu poin penting dalam awalan dan imbuhan ini adalah bentuk dari kesederhanaan yang dilakukan oleh bahasa sunda dibandingkan dengan bahasa lainnya yang ada di pulau jawa. Apabila anda hendak menggunaka bahasa sunda maka anda juga harus mempelajari mengenai awalan perubahan dan akhiran perubahan ini. Sehingga lidah anda nantinya tidak akan salah dalam melakukan pengucapan dan membuat orang tambah bingung.

Bahasa sunda merupakan satu dari sekian jenis bahasa terkenal yang ada di indonesia. Bahasa ini kini juga bisa nda temukan di hampir seluruh pelosok yang ada di indonesia. Ini dikarenakan warga sunda juga tidak hanya banyak yang tinggal di wilayah sunda saja namun mereka juga tinggal di wilayah lainnya. Apabila anda hendak mempelajari bahasa sunda maka anda bisa mulai dari yang basic atau yang lebih mudah terlebih dahulu. Kemudian baru anda bisa mencoba untuk melatih diri anda mengucapkan bahasa sunda level advance.

Related posts:

  1. 5 Tips agar cepat menguasai bahasa sunda
  2. Mengenal kalimat sapa dan ungkapan dalam bahasa sunda
  3. Aturan dasar bahasa Sunda
Tata Bahasa dan Pengucapan dalam Bahasa Sunda | admin | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...