Perubahan makna kata yang signifikan dalam Bahasa Sunda

14 March 2014 6,051 views No Comment
Advertisement

Kamus-sunda-12

Seperti halnya bahasa lainnya, ada kalanya sebuah kata yang diketahui secara umum mengandung makna tertentu ternyata dianggap oleh makna lain oleh orang yang menggunakan bahasa yang berbeda. Dari sini tidak terkecuali bahasa sunda. Bahasa yang satu ini bisa anda temukan di salah satu wilayah yang ada di indonesia, dan cukup terkenal digunakan, banyak pula dari sebagian besar masyarakat wilayah pelosok yang menggunakannya. Materi yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana terjadinya sebuah perubahan makna yang signifikan dalam bahasa sunda.

Pemahaman Makna dari Bahasa Sunda

Perubahan makna ini bisa dilihat dari sebuah kata yang simple, misalnya adalah "rumah". Anda pasti tau bahwa rumah adalah sebuah tempat tinggal dimana kita bernaung dan ini berasal dari bahasa indonesia. Namun dalam bahasa sunda maka orang-orang tidak menyebutnya sebagai "rumah" tetapi mereka mengatakan bahwa tempat tinggal itu adalag "bumi". Contohnya adalah jika anda hendak mengatakan "kalau rumahnya pak lurah sebelah mana ya?". Nah, dalam bahasa sunda kalimat ini akan bunyinya seperti ini "upami bumi pak lurah palih dimana?. Terlihat sekali perbedaan yang besar bahwa mereka menyebut bumi sebagai rumah. Dalam bahasa indonesia, konotasi dari kata bumi adalah tempat tinggal untuk seluruh mahluk hidup yang ada di dunia ini tetapi dalam bahasa sunda, ternyata bumi bisa diartikan sebagai rumah atau tempat tinggal. Perbedaan yang signifikan ini tentu saja bisa menjadi poin awal anda yang ingin mempelajari bahasa sunda sejak dari awal.

Konotasi dalam Bahasa Sunda

Dalam penyebutan nama panggilan orang juga ternyata tidak terlalu banyak terjadi perubahan. Misalnya adalah kata "pak lurah" seperti yang telah disebutkan diatas. Baik itu dalam bahasa indonesia maupun bahasa sunda artinya tetap sama saja yang mana menggambarkan bahwa pak luar adalah orang atau pemimpin di sebuah desa. Dalah hal intonasi biasanya bahasa sunda juga tidak jauh beda dengan intonasi yang digunakan di bahasa indonesia. Perbedaannya yang paling terlihat adalah perbedaan dalam kosa kata yang mana banyak penambahan dan pengurangan yang dilakukan oleh bahasa sunda jika dibandingkan dengan bahasa indonesia. Saatnya bagi anda untuk belajar mengenal banyak hal mengenai bahasa sunda agar nantinya anda bisa mengucapkannya dengan baik dan benar, serta tidak kerap melakukan kesalahan yang signifikan.

Meskipun demikian, ada juga bahasa sunda yang mengandung kata serapan dari bahasa indonesia, salah satunya adalah kata "dimana" seperti yang disebutkan diatas. Kata itu sendiri menunjukan bahwa bahasa sunda ternyata adalh bahasa yang asli berasal dari pulau indonesia. Meskipun pengucapanya sama namun konotasinya ternyata juga masih sama. Banyak sekali kata dari bahasa sunda yang memiliki arti yang sama pula. Kata dimana hanya sebagian kecil dari ribuan kosa kata sunda lainnya yang bisa anda gunakan saat ini. Bahasa sunda memang adalah bahasa yang cukup unik tapi keunikanya tersebut malah patut untuk kita banggakan karena ternyata indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan ragam budaya dan bahasa yang terkenal. Bahkan bahasa sunda juga cukup dikenal di berbagai wilayah yang ada di indonesia.

Related posts:

  1. beberapa hal yang harus anda ketahui dalam belajar Bahasa Sunda
  2. Tata Bahasa dan Pengucapan dalam Bahasa Sunda
  3. Mengenal kalimat sapa dan ungkapan dalam bahasa sunda
  4. 5 Tips agar cepat menguasai bahasa sunda
  5. Aturan dasar bahasa Sunda
Perubahan makna kata yang signifikan dalam Bahasa Sunda | admin | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...