Belajar Bahasa Sunda yang Baik Dan Benar

22 October 2014 34,283 views One Comment
Advertisement

Bahasa sunda adalah sebuah bahasa yang memang sangat di kenal oleh masyarakat indonesia terlebih oleh kesopanan dan kelembutan tataan bahasa yang di berikan, nah pada posting kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tatacara mnggunakan bahasa sunda yang baik dan benar.
image

banyak anak muda sekarang dari ranah sunda yang menggunakan bahasa sunda namun penggunaannya kasar namun ada juga yang menggunakan bahasa sunda di campur oleh bahasa indonesia ini akan terdengar bahasa yang gado-gado atau campuran tentunya ini akan menghilangkan makna dalam bahasa sunda. Berikut ini ada beberapa tataan penggunaan bahasa sunda yang baik dan benar.

  • ucapan sopan untuk orang dewasa atau sesama

-Mulih timana kang ? yang artinya dalam bahasa indonesia adalah pulang dari mana , namun dalam bahasa sunda ini sangatlah ramah dan sopan, berbeda dengan

-balik timana kang ? artinya sama namun dalam bahasa sunda , ucapan ini sangat kurang sopan untuk di ucapkan pada seseorang.

  • ucapan untuk diri sendiri dan untuk orang lain

1.Untuk diri sendiri atau kepunyaan

pun rai mah rada badeur , upami ameung tej mulangna sore wae sok hariwang da , nah dalam indonesia artinya “Adik saya sedikit nakal, kalau main pulangnya selalu sore terus makanya suka khawatir”  nah kata sunda yang di ucapkan diatas adalah kata sunda yang memiliki arti kepemilikan yakni dalam hal ini yang dimiliki adalah adiknya.

2.Untuk orang lain

-kang itu mulang timana ari hayam teh ? artnya , kang itu ayam pulang dari mana, nah kata mulang disini artinya sama dengan mulih atau pulang, jadi untuk dir sendiri da untuk lain pun dalam bahasa sund asangat di bedakan dengan kata lain bahwa dunda memiliki banyak tataan bahasa yang mulai dari biasa,sopan dan sopan sekali. Ini lah yang membedakan orang sunda dengan orang d daerah lain.

selai dari bebrapa ucapan yang sopa ada juga ucapan yang sedikit menunjuk ke arah sopan namun jika di mengerti maknanya kurang sopan berikut ini contohnya

perbedaan penggunaan kata Kulan dan kata naon ini memiliki arti yang sama yakni dalam bahasa indonesia artinya “apa” , meskipun sama artinya namun yang membedakan disini adalah maknanya dimana penggunaan kata kulan lebih sopan di banding dengan kata naon, karena biasanya kata kulan di ucapkan oleh orang sunda yang memang memiliki tatakrama baik, namun tidak memungkiri bahwa orang yang tatakramanya kurang baik selalu menggunakan kata kulan dalam kesehariannya.

 

sekian informasi untuk hari ini itulah sedikit informasi tentang tatacara berlajar bahasa sunda yang baik , dimana ucapan sehari-sehari diatas adalah ucapan yang memang menentukan keseharian dan kepribadian anda. terima kasih telah berkunjung  nantikan informasi menarik lainnya.

 

Related posts:

  1. beberapa hal yang harus anda ketahui dalam belajar Bahasa Sunda
  2. Perubahan makna kata yang signifikan dalam Bahasa Sunda
  3. Mengenal kata seru dalam bahasa sunda
  4. Mengenal kalimat sapa dan ungkapan dalam bahasa sunda
  5. Metode Alternative Belajar Bahasa Sunda
Belajar Bahasa Sunda yang Baik Dan Benar | risa | 4.5

One Comment »

  • willi said:

    kalau begini boleh ga ?

    1.Untuk diri sendiri atau kepunyaan

    -pun rai mah rada badeur , upami ameung tej mulangna sore wae sok hariwang da. artinya “Adik saya sedikit nakal, kalau main pulangnya selalu sore terus makanya suka khawatir”

    aing ku ade mah rada bangor, lamun ulin teh mulangna sore wae, sok hariwang da.

    2.Untuk orang lain

    -kang itu mulang timana ari hayam teh ? artnya , kang itu ayam pulang dari mana ?

    Kang, eta hayam mulang timana ?

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...