Dua cerita Legenda Jawa Barat

28 October 2015 53,259 views No Comment
Advertisement

Legenda Sunda ialah legenda atau cerita turun temurun asal masyarakat Sunda yang hingga saat ini masih terus diceritakan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Indonesia yang kaya akan budaya juga memiliki banyak budaya dan legenda yang berkembang di masyarakat. Salah satu yang paling tersohor di seantero Negeri ialah Budaya Sunda dan juga beberapa Legenda Sunda yang hingga saat ini masih sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja Legenda Sunda dan Budaya Sunda yang paling terkenal, berikut ini merupakan beberapa ulasan ringannya untuk Anda.

Legenda Sangkuriang

image

Salah satu legenda asal Sunda yang paling terkenal ialah cerita Sangkuriang yang juga merupakan sebuah cerita rakyat yang mengisahkan asal mula terjadinya Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di Jawa Barat. Inti dari cerita Sangkuriang terletak pada seorang lelaki yang jatuh cinta kepada Ibundanya sendiri yang bernama Dyang Sumbi sepulang dari merantau.
 Sangkuriang yang telah lama pergi merantau bahkan tak mengenali Ibundanya sendiri dan tetap jatuh hati pada kecantikan Ibundanya tersebut. Karena Ia marah lantaran citanya ditolak akhirnya menendang sebuah perahu yang akhirnya berubah menjadi sebuah gunung yang hingga saat ini dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Legenda Lutung Kasarung

image

Berbicara mengenai tanah Sunda, tentu Anda pernah mendengar cerita Legenda Lutung Kasarung. Lutung Kasarung menceritakan mengenai kisah kesabaran seorang Pemuda Gagah yang awalnya berbentuk lutung. Meskipun Ia selalu dicemooh oleh oran yang berada di sekitarnya, namun perjuangan cintanya untuk Putri Purbasari akhirnya berbuah manis ketika Lutung Kasarung dan Purbasari akhirnya menikah.
Cerita legenda Jawa Barat yang satu ini mengajarkan banyak kisah bijaksana yang mengajarkan kepada seluruh umat manusia bahwa manusia haruslah selalu bersikap rendah hati dan tidak meremehkan makhluk lain maupun meremehkan orang yang lebih lemah. Beberapa legenda asal Sunda lain juga masih sangat terkenal, seperti diantaranya adalah legenda Curug Winara yang menceritakan mengenal terbentuknya Curug Winara yang terletak di Jawa Barat, sekaligus menjadi salah satu Legenda Sunda yang paling terkenal.

Related posts:

  1. 3 cerita rakyat sunda yang mendunia
  2. Launching Kamus Jawa Indonesia www.kamusjowo.net
  3. Legenda dan Mitos Situ Patengan
  4. 4 Penyanyi Sunda Terbaik
  5. Profil Tokoh Darso
Dua cerita Legenda Jawa Barat | admin | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...