Pakaian Adat Sunda

23 April 2015 38,700 views No Comment
Advertisement

Sebuah pakaian yang ada di suatu daerah tentunya memiliki ciri yang masing-masing dimana ciri tersebut tentunya tidak akan sama dengan daerah lain, hal itulah yang memicu adanya perbedaan budaya setiap daerah di indonesia.

Begitu Pula dengan adat Sunda yang lebih tepatnya sunda wiwitan ini memiliki pakaian khusus yang dimana sering di sebut dengan pakaian adat sunda. Sama dengan budaya indonesia yang lainnya , pada pakaian adat sunda juga terbagi atas dua jenis yakni jenis untuk laki-laki dan tentunya perempuan.

Jika kita sering mendengar bahwa pakaian adat sunda adalah kebaya saja , sebenarnya bahwa kebaya merupakan pakaian banyak daerah yang ada di indonesia, namun yang membedakannya hanya saja dari corak dan coretan seni dalam designnya, maka untuk itu berikut ini ada sedikit informasi mengenai pakaian adat sunda yang memang harus anda ketahui sebagai warga negara yang baik.

pakaian adat sunda Untuk laki-laki.

image

-baju dengan warna hitam atau putih , dimana pada bagian tangannya sedikit atas sehingga nampak seperti hanya baju yang sudah kekecilan , ini di namakan baju kampret.

-pada bagian celana , di sesuaikan dengan baju yang dipakai atau merupakan pasangan dari baju kampret yang dinamakan dengan celana pangsi.

-Ikat kepala yang berorak batik , sering dinamakan juga sebagai iket.

-sandal yang dipakai juga bukan semabarang sandal, sandal yang dipakai adalah sandal yang memang menjadi ciri khasnya, yaitu sandal Tarumpah atau dalam bahasa indonesia di sebut dengan terumpah.

-Asesoris lainnya seperti kalung dan tas , dimana tasnya di buat dari tempurung kelapa yang isinya di buang dan di bersihkan lalu di tambahkan tali dari rotan biasanya.

Itulah pakaian adat sunda untuk laki-laki, lain halnya dengan pakaian adat perempuan yang selanjutnya akan saya beberkan sedikti informasinya.

image

-kebaya dengan pola atau corak polos,

-samping berupa kain yang bercorak batik di dalamnya, yang sering dinamakan dengan samping kebat.

- ikat pinggang atau beubeur yang digunakan untuk mengikat atau mengencangkan kain atau samping kebat.

-hiasan berua untuk sanggul di kepala

- sandal yang dinamakan selop.

pakaian adat sunda diatas merupakan pakaian keseharian masyarakat sunda sedangkan untuk upacara adat atau pakaian yang di gunakan dalam acara resmi adalah sebagai berikut ini.
image

-Baju jas dengan kerah yang menutup leher. Pakaian ini disebut dengan nama Jas Takwa

-Kain batik yang disebut dengan nama Kain Dodot.

-Celana panjang yang sewarna dengan pakaian atas.

-Kalung.Penutup kepala yang disebut dengan Bendo.

-Keris yang dimasukkan di belakang pinggang.

-Selopalas kaki.

-Jam rantai atau rantai kuku macam untuk menghiasai Jas Takwa.

nah itulah informasi tentang pakaian adat sunda yan dimana ada untuk keseharian dan ada juga untuk acara-acara resmi, untuk itu sekian berita tentang sunda hari ini, nantika informasi menarik lainnya.

Related posts:

  1. pernikahan adat sunda
  2. Rumah adat sunda
  3. Sistem kekerabatan orang sunda
Pakaian Adat Sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...