Sistem kekerabatan orang sunda

3 April 2015 3,154 views No Comment
Advertisement

setiap daerah dan setiap budaya memiliki sistem kekerabatan yang berbeda, seperti halnya di dalam budaya sunda juga memiliki ciri khas dengan daerah lain. Dimana yang membedakan mulai dari pelakunya sampai dengan pelaksaan sistem kekerabatan yang dimiliki, namun disamping itu yang sangat memperngatuhi satu dengan yang lainnya adalah layaknya berikut ini ada beberapa hal yang mempengaruhi sistem kekerabatan di tanah sunda.
image

1. adat yang di wariskan secara turun temurun

nah ini salah satunya , dimana budaya yang di turunkan dari nenek moyang hingga kini masih di budayakan atau di lestarikan, jika dalam bahasa sunda di kenal dengan istilah “ngamumule” yan artinya adalah melestarikan. Sama dengan daerah lainnya budaya di teruskan atau di turunkan dengan cara mengajak kaula muda untuk ikut serta dalam setiap kegiatan yang menyangkut budaya seperti halnya upacara adat , nyinden dalam pernikahan dan lain sebagainya, maka dari itu cara ini yang memang mempengaruhi dan bahkan menjadi faktor utama terbentuknya sistem kekerabatan yang erat antar orang sunda.

2. eratnya agama dengan adat

Ini adalah salah satu hal yang memang tidak bisa di pisahkan dalam masyarkat sunda yaitu keeratan antara agama dengan budaya atau adat setempat, dimana sering kali kita tidak bisa membedakan antara upacara adat dengan upacara agama, sebagai contoh kecil pada saat pernikahan orang sunda , dimana terjadi percampuran antara budaya sunda asli dengan agama, seperti halnya prosesi pemecahan telur dengan cara di injak , dimana sering pula di iringi dengan membacakan do’a-doa dalam kitab suci Al-Qur’an, nah ini menunjukan bahwa agama erat dengan kebudayaan , maka tidak hern dan tidak salah kalau memang agama erat kaitannya dengan budaya sunda.

dalam ajaran kekerabatan sunda terdapat keluarga batih (nuclear family) yang terdiri dari : suami, isteri dan anak-anak. sementara itu masih ada kerabat lain seperti halnya,ipar, kemenakan, saudara sepupu, paman, bibi dan sebagainya. Kelompok ini disebut golongan atau Kindred. Mereka sering diundang pada waktu punya hajad.

ada juga yaitu  kelompok yang disebut ambilenial, dimana mencakup kerabat pada sekitar keluarga batih seorang Ego tetapi diorientasikan ke arah nenek moyang yang jauh ke masa lampau. Kelompok ini disebut bondoroyot.

nah itulah sistem kekerabatan orang sunda, dimana kita bisa melihat sendiri dari mulai faktor yang mempengaruhinya saja sudah berbeda dengan budaya lain, namun disamping itu tidak bisa memungkiri bahwa budaya dari daerah lain juga memiliki karakter yang sama dengan budaya sunda.

Related posts:

  1. Fakta Unik tentang orang sunda
  2. Rumah adat sunda
  3. pernikahan adat sunda
Sistem kekerabatan orang sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...