pernikahan adat sunda

17 March 2015 5,230 views No Comment
Advertisement

pada dasarnya suatu pernikahan adalah hal yang sangat sakral, terlebih jika memang menggunakan adat atau kepercayaan di dalamnya, sesuai dengan tema kita hari ini saya akan memberikan informasi mengenai pernikahan adat sunda , yang dimana kita ketahui bahwa pernikahan adat sunda merupakan pernikahan yang memang terbilang fenomenal . Banyak selebriti indonesia yang menikah dengan menggunakan adat sunda ini, sebut saja salah satunya yang paling fenomenal yaitu pernikahan Raffi ahmad dengan nagita slavina, dimana pada saat resepsi di bandung kediaman raffi menggunakan adat sunda.
image

Berikut ini adalah beberapa tahap prosesi perkawinan adat sunda.

1. Penjemputan calon mempelai pria oleh pihak mempelai wanita.

2. ibu dari wanita menjemput mempelai pria dengan cara memberikannya kalung bunga pada calon mempelai pria, ini biasa di sebut dengan Ngabageakeun.

3. akad nikah yang dilakukan di mesjid atau rumah , pada saat ini seseorang akan menjemput mempelai wanita di dalam kamar dan duduk di pinggir mempelai pria.

4.sungkeman , proses ini di lakukan dengan cara sungkem pada kedua orang tua baik itu pada orang tua mempelai pria maupun wanita.

5. saweran, maksudnya yaitu proses saweran yang di lakukan dengan di iringi oleh tembang tembang sunda seperti halnya pupuh.

6.Meuleum harupat. Pada tahap ini pengantin wanita menyalakan harupat dengan sebuah lilin, kemudian harupat tersebut disiram dengan air kendi. Harupat itu kemudian dipatahkan oleh pengantin pria.

7. Nincak endogdalam bahasa indonesia yaitu  menginjak telur. Pengantin pria menginjak sebuah telur hingga pecah lantas dicuci kakinya oleh pengantin wanita.

8. Muka Panto (buka pintu). Pada tahap ini, menurut informasi yang disalir dari laman rt6cbr.blogspot.com, sebelum kedua mempelai masuk ke pelaminan, diadakan balas pantun oleh perwakilan kedua pihak pengantin.

nah itulah informasi mengenai pernikahan adat sunda , yang bisa saya berikan semoga memberikan informasi atau wawasan lebih bagi anda semua yang membaca.

Related posts:

  1. 4 Penyanyi Sunda Terbaik
pernikahan adat sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...