Rumah adat sunda

28 March 2015 3,851 views No Comment
Advertisement

Rumah adat sunda adlah satu dari sekian banyaknya rumah adat yang ada di indonesia, rumah adat sunda sendiri biasanya terkenal akan kesederhanaan dan memiliki nilai estetika yang tinggi, selain itu rumah adat sunda ini identik dengan rumah yang berbahan dasar dari bambu dan kayu, nah untuk membahas lebih lanjut berikut ini adalah beberapa rumah adat sunda yang memang sudah terkenal di kalangan masyarakat.
image

image

  • perahu kumureb

dalam bahasa indonesia sendiri bahwa perahu kumureb adalah perahu yang terbalik, nah maksudnya adalah sebuah rumah adat sund ayang dimana atapnya menyerupai sebuah perahu yang terbalik, selain itu atap dalam bahasa sunda di sebut juga dengan suhunan.

  • Suhunan jolopong

berbeda dengan yang sebelumnya, jika pada perahu kumureb menyerupai sebuah perahu yang terbalik, pada suhunan jolopong ini atap atau suhunan sebuah rumahnya memiliki ukuran yang panjang, makanya di sebut dengan suhunan jolopong, yang dimana jika diartikan , suhunan yang berarti atap, dan jolopong itu adalah panjang.

  • capit gunting

sebuah rumah yang dibangun dengan atap atau suhunan pada bagian depan dan belakangnya di bagian atasnya di berikan kayu atau bambu yang lebih, sehingga akan menyilang layaknya sebuah gunting.

  • Badak heuay

Jika diartikan denga arti sbenarnya badak heuay artinya adalah badak yang sedang menguap, namun dalam arti rumah ini memiliki arti sebuah rumah yang di bangun seperti saung namun pada bagian atas depannya di sambung dengan atap lainnya, sehingga jika dilihat dari sudut lain akan nampak seperti badak yang sedang heuay atau badak yang sedang menguap.

  • Tagog anjing

sama seperti halnya badak heuay , pada rumah jenis ini yang membedakan hanya saja pada bagian depan yang di berikan sambungan sehingga terlihat seperti sedikit turun, nah jika di lihat maka akan seperti anjing yang sedang jongkok.

  • julang ngapak

bangunan yang bagian atap sisi kiri sedikit melebar ke samping, selain itu ada juga yang menyebutnya dengan sorondoy gaplok , nah rumah dengan suhunan atau atap sejenis ini biasanya banyak di gunakan oleh kebanyakan orang sunda.

dari beberapa  jenis diatas bisa di tarik kesimpulan bahwa dari berbagai jenis rumah yang berbeda-berbeda tidak menyurutkan rasa kekeluargaan yang erat antara orang sunda satu dengan yang lainnya, dan selain itu tidak membeda-bedakan kasta atau tingkatan , karena  ada sebuah filosofi bahwa rumah adat sunda erat kaitannya dengan paguyuban atau persatuan kekeluargaan antara orang sunda.

nah sekian untuk hari ini, semoga memberikan wawasan tambahan anda dalam mengenal dan mempelajari budaya sunda .

Related posts:

  1. pernikahan adat sunda
  2. Surat Dari Pasien Rumah Sakit Jiwa
Rumah adat sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...