Alat Musik Kesenian Khas Sunda

27 December 2014 4,848 views No Comment
Advertisement

halo semua selamat datang kembali, setelah beberapa artikel yang terbit hari-hari kebelakang mengenai sunda , kali ini jua saya akan memberikan informasi mengenai alat musik kesenian khas sunda yang dimana banyak tidak di ketahui oleh warga sunda sendiri, nah untuk itu saya akan ingatkan kembali bagi anda yang sudah lupa atau bahkan baru mendengarnya kali ini, berikut ini informasinya .
image

Alat Musik Kesenian Khas Sunda.

– Karinding : Alat musik yang terbuat dari bambu dimana alat ini akan mengeluarkan suara dengan cara di pukul dengan jari bagian pinggirnya dan bukan hanya itu saja tapi juga bagian dari tengah bambunya di masukan kedalam mulut, maka jika anda bisa menggunakannya akan menghasilkan suara yang unik dari pukulan oleh jari tadi.

– Celempung : Sama dengan karinding bahan utama dari pembuatan celempung yaitu bambu, namun yang membedakannya dari mulai bentuk dan cara penggunaannya, alat ini bentuknya dari bambu utuh namun di pinggirnya ada kulit bambu yang sedikit di naikan , jadi seperti gitar dengan senar satu bentunya, cara penggunaannya yaitu dengan cara di pukul menggunakan pemukul yang di buat dari bambu pula, memanikan alat ini tentunya satu paket dengan karinding karena ada istilah sunda yang mengatakan bahwa “Dimana aya karinding pasti aya celempung” , yang bahasa indonesianya adalah dimana ada karinding pasti ada celempung, jadi bisa di bilang mereka saling melengkapi.

– Suling : semua orang pasti tahu dengan suling , suling merupakan alat musik kesenian sunda yang memang banyak digunakan sebagai pelengkap dalam musik, tidak hanya dalam musik sunda tapi dalam berbegai jenis musik, salah satunya adalah musik dangdut.

– Kecapi : kecapi merupakan alat musik yang dimana bsa dibilang adalah nenek moyang dari gitar dimana alat ini sama dengan gitar yaitu di petik namun yang membedakannya hanya dari bentuk dan jumlah senar yang di pakai oleh kecapi, bentuk dari kecapi jua dari segi body menyerupai perahu dimana setiap ujungnya melengkung layaknya perahu.

– Angklung : alat musik yang satu ini sudah di kenal mancanegara , oleh karena itu angklung sangat di sukai oleh banyak orang termasuk orang asing. Alat ini terbuat dari bambu yang di bentuk sedemikian rupa hingga menghasilkan suara note atau nada yang beraturan, alat ini sendiri di indonesia banyak di kembangkan di setiap daerahnya hingga tidak heran jika anda berkunjug ke setiap daerah di jawabarat anda akan menemukan berbagai macam angklung dari mulai yan kecil hingga angklung terbesar.

Nah itulah informasi mengenai Alat Musik Kesenian Khas Sunda yang sering kita jumpai , semoga dengan artikel kali ini bisa menambah wawasan anda mengenai kebudayaan sunda yang sangat banyak.

Related posts:

  1. Mengenal Perkakas Dalam Bahasa Sunda
Alat Musik Kesenian Khas Sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...