Akibat Langka Gas LPG Part II

4 October 2014 2,077 views No Comment
Advertisement

halo selamat bertemu lagi dengan saya , postingan kali ini saya akan melanjutkan dari postingan sebelumnya yakni mengenai kelangkaan gas LPG yang dimana hingga kini masih terjadi di masyarakat. pemeran masih sama seperti sebelumnya hanya saja di tambahkan beberapa karakter baru lainnya langsung saja simak percakapan mengenai aspirasi masyarakat berikut ini.
image

Ujang:” Assalamualaikum ceu uneh, kumaha hawu teh tos mulai jalan ?”

Ujang:” assalamualaikum ceu uneh, gimana sekarang hawunya udah mulai di pake ?”

Ceu uneh:” waalaikumsalam , alhamdulillah jang . Tuh tinggal kadieu atos di jalankeun ti kamari keneh hehe ”

Ceu uneh:” waalaikumsalam, alhamdulillah udah jang> tuh lihat sekarang saya sudah pake tungku dari kemarin hehe”

Ujang:” Muhun atuh sae ceu, karaos ayeuna mah nya beunteunna ngangge gas sareung hawu”

Ujang:” bagus ceu, gimana rsanya , beda banget ya sama pake gas ?”

Ceu uneh:” muhun jang, ngangge hawu mah kana sanguna oge rada raos euy.”

ceu uneh:” iya jang, kalo pake tungku rasa nasinya jauh lebih enak”

Ujang:” tuh tinggal di berita . ayeuna mah gas teh dugi ka hese pisan, soalna nao ayeuna mah sumberdaya alam teh cigana tos bade seep ceu,”

Ujang: tuh lihat di berita, sekarang makin susah aja gas, soalnya sumber daya alamnya hampir mau habis”

Ceu uneh:” maksadna naon jang abdi teu ngartos, maklum we tamat SD”

ceu uneh:” maksudnya apa jang, saya enggak ngerti, maklum aja tamat SD”

Ujang:” janteun kieu ceu, kan gas teh ti alam nah ayeuna akibat sok di candakan wae ku jalmi, janteun mulai ngirangan, upami tos ngirangan mah tiasa wae seep engke teh”

ujang:” jadi gini, kan gas berasal dari alam , nah akibat sering di ambil terus-menerus akhirnya mulai berkurang kalo udah berkurang bisa saja habis sumber daya alamnya”

Ceu Uneh:” waduh upami tos seep mah hese atuh jang keudah milari kamana deui, tah dangukeun anggi saur ujang matakna lalajo teh berita jadi nyaho siga ujang”

ceu uneh:” waduh jang kalo udah habis nanti nyari kemana ya, tuh dengern Anggi apa kata ujang, makanya nonton berita jangan kartun terus”

Anggi:” heuuh mah, kalem we da anggi oge osok lalajo berita mah”

anggi:” iyaa mah, sabar anggi juga sering nonton berita”

Ceu uneh:” berita naon, anggi mah lalajo teh kartun we terus”

ceu uneh:” berita apaan kamu nonton kartun terus”

Anggi:” eh can beres mah , maksadna tehberita kartun terkini”

Anggi:” eh belum beres mah, maksudnya berita kartun terbaru”

Ceu uneh:” euh maneh mah,, hatur nuhun jang informasina , ayeuna mah urang sasareungan ajak ngangge hawu yu ah di kampung ieu teh, ameh sae nga hemat oge sumber daya alam”

ceu uneh:” euh kamu ini ya,, makasih banyak jang informasinya , sekarang kita ajak semua warga desa ini untuk menggunakan tungku, biar hemat SDA

Ujang:” muhun ceu, ingsyaallah bade ku abdi di ajakanlah”

ujang:” iya ceu uneh, ingsyaallah sama saya mau di ajak semuanya”

 

dan begitulah banyak makna yang kita ambil dari percakapan diatas, selain menghemat SDA (Sumber Daya Alam) kita juga berpartisipasi melestarikan sebuah budaya indonesia dimana pada masa zaman dulu masak atau apapu yang berhubngan dengan dapur dengan menggunakan tungku.

Related posts:

  1. Akibat Langkanya Gas LPG
  2. Akibat Kurikulum 2013
Akibat Langka Gas LPG Part II | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...