Akibat Langkanya Gas LPG

4 October 2014 4,153 views No Comment
Advertisement

halo selamat sore, selamat berjumpa lagi dengan saya, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai masalah yang melanda pada saat ini yakni masalah langkanya gas LPG, namun dengan menghadapi masalah ini saya akan buat dengan cara percakapan, untuk selanjutnya selamat menyimak percakapan dari tatar sunda dengan tema “Sosial” berikut ini.
image

Ujang:” ceu nuju naon eta didinya meni ngantri kitu ?”

Ujang:” ceu lagi apa itu kok banyak orang lagi ngantri gitu ?”

ceu Uneh:” Eh ujang, ieu jang nuju ngantri kanggo meser gas LPG”

Ceu Uneh:” eh ada ujang, iya jang ini lagi ngantri buat beli gas LPG

Ujang:” aduh meni panjang kitu ceu, ti jam sabaraha eta ngantrina ?”

Ujang:” aduh panjang gitu ceu, emang dari jam berapa itu ngantrinya ?”

Ceu Uneh:” abdi mah ti jam 3 tadi sore jang dugi ka wayah kieu jam 5 masih teu acan kabagean wae”

Ceu Uneh:” kalo saya dari jam 3 jang , sampe sekarang jam 5 belum kebagian terus”

Ujang:” euleuh eceu meni lami kitu”

Ujang:aduh ceu lama gitu ya”

Ceu uneh:” muhun jang, da kamana deui atuh ieu sumber hiji-hijina di desa ieu mah”

Ceu Uneh:” iya jang, soalnya kemana lagi , ini sumber satu-satunya di desa kita”

Ujang:” Oh enya oge sih,”

Ujang:” Iya juga sih ceu”

Ceu uneh:” ari ujang eta emang bade kamana ?”

Ceu Uneh: emang ujang sendiri mau kemana jang ?”

Ujang:” abdi bade ka suku gunung ceu, bade ngala barangkal”

Ujang:: saya mau ke kaki gunung ceu , mau mencari ranting-ranting pohon”

Ceu uneh:” eh, kanggo naon jang barangkal ?”

Ceu uneh:” eh, buat apaan ranting pohon jang ?”

Ujang” Nya kanggo masak atuh ceu, ”

Ujang:” ya buat masak ceu”

Ceu uneh:” naha teu ngangge gas ujang mah ?”

Ceu uneh:” kenapa , emang ujang gak pake gas LPG jang ?”

Ujang:” henteu ceu ah abdi mah tos lami ngangge hawu, soalna naon, upami gas mah ayeuna-ayeuna rada sesah milarina”

ujang:” enggak ceu, saya udah lama pake tungku, soalnya apa, kalo pake gas sekarang-sekarang udah agak susah dicari”

ceu uneh:” muhun jang ieu teh, abdi oge sabenernamah hoyong ngangge hawu , tapi lami ngahurungkeunnana jang hawu teh”

Ceu Uneh :” Iya jang , saya juga sebenarnya udah lama mau pindah ke tungku, tapi ya gitu susah buat nyalainnya jang kalo pake tungku”

Ujang:” enya ceu, tapi sahenteuna rada teu hariwang, ari gas mah dina berita oge seer anu ngabeledug geuningan, matakna abdi ngalih kana hawu”

Ujang:iya ceu, tapi seengaknya gak terlalu khawatir kalo pake tungku, di TV juga banyak berita tentang meledaknya gas , makanya saya beralih ke tungku”

ceu uneh:” enya oge jang, tos atuh ah abdi oge bade ngalih ka hawu ah, ameh gampang”

Ceu uneh:” iya juga jang ya, yaudah saya juga ikut ah beralih ke tungku biar gampang”

Ujang:” euh ongkoh tadi mah sesah ceu, hayu atuh sareung ka gunung ayeuna urang milari barangkal anu garing ”

Ujang:” katanya tadi bilang susah, ayo ceu kita ke kaki gunung sama-sama nyari rantingnya”

Ceu uneh:” hayu atuh jang ah”

ceu uneh:” iya jang ayo bareng ah”

sekian percakapan yang bertema sosial di atas tadi, semoga menjadi inspirasi bagi anda yang sedang sibuknya kesana-kesini  mencari LPG yang kian hari kian langka.

 

Related posts:

  1. Akibat Kurikulum 2013
  2. Surat Dari Pasien Rumah Sakit Jiwa
Akibat Langkanya Gas LPG | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...