Mengenal 3 pahlawan dari tanah sunda

9 April 2015 13,820 views No Comment
Advertisement

halo sahabat sunda , sekarang ini adalah zaman dimana kita merasakan ketenangan dan kedamaian dalam artian damai dan tenang dari masa pernag dan masa penjajahan, berbeda dengan dulu para pahlawan yang berjuang demi memerdekakan negara indonesia ini.

Jika dulu orang di katakan pahlawan jika berjasa membela negara ini , sekarang juga tidaklah sulit untuk menjadi pahlawan , tidak perlu menjadi superman atau superhero lainnya , anda hanya perlu menjaga kemerdekaan yang sudah di perjuangkan oleh para terdahulu kita, nah dengan menjaga kemerdekaan itu anda bisa dibilang sebagai seorang pahlawan ingat selalu jas merah , jangan sekali-kali melupakan sejarah.

sesuai dengan kutipan diatas saya akan meberikan informasi mengenai pahlawan di tanah sunda atau pahlawan yang berjuang dari tanah sunda , untuk daftarnya berikut ini adalah beberapa pahlawan nasional dari tanah sunda.

1. Raden dewi Sartika
image

raden dewi sarika adlah salah satu pahlawan perempuan yang berjuang untuk memerdekakan indonesia , dimana raden dewi sartika di lahirkan di Cicalengka (bandung jawa barat 4-12-1884 ) dan wafat di ciamis , tasikmalaya pada 11-September 1947. Raden dewi Sartika merupakan anak kedua dari 5 bersaudara , dimana beliau adalah keturunan dari bangsawan. Ayah dari beliau adalah bernama Raden Rangga Somanagara, Patih Bandung. Sedangkan Ibunya adalah Raden Ayu Rajapermas, putri Bupati Bandung Raden Adipati Wiranatakusumah IV (1846-1876).

2. R. Otto Iskandardinata
image

R.otto iskandardinata  Lahir di desa Bojongsoang, Dayeuhkolot, Bandung Kidul pada  31 Maret 1897  Ayahnya bernama R. Nataatmaja, yang berganti nama menjadi R.H. Adam Rakhmat setelah pulang dari ibadah haji dan ibunya bernama Siti Hadijah. Sedangkan diantara saudaranya bernama R. Ating Atma di Nata yang pernah menjadi Walikota Bandung (1945)  dan R. Pandu Prawira di Nata. julukan “Si Jalak Harupat” yang bermakna seperti ayam jago yang tidak pernah kalah bila diadu. korban penculikan pada 10 Desember 1945 oleh para pemuda yang mengaku dari Laskar Hitam, dan dibunuh pada 20 Desember 1945 di daerah Mauk, Tangerang.

3. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

image

dilahirkan di tasikmalaya pada 14 Januari 1911 adalah seorang pahlawan yang memiliki jasa besar dalam perjuangannya, dimana h. djuanda merupakan seorang yang gagah berani dan selain itu beliau menjadi pimpinan sekolah muhammdiyah, dan beliau juga aktif dalam organisasi non politik yaitu Paguyuban Pasundan dan anggota Muhamadiyah. pernah memiliki jabatan tinggi yaitu sebagai  Perdana Menteri Indonesia ke-10 dari (09-04-57 s/d 09-07-59) dan juga menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I.
nah itulah 3 pahlawan nasional indonesia di tanah sunda, sebenarnya masih ada yang lain , namu dari sekian banyaknya yang memang memiliki nama dan memiliki posisi penting adalah ketiga pahlawan diatas, mohon maaf yang sebesar-bearnya bukan berarti menyampingkan jasa dari pahlawan lainnya .
sekian informasi untuk hari ini nantikan informasi lainnya.

Related posts:

  1. 3 Gunung Di Tanah Sunda yang Memiliki Sejuta keindahan
  2. Mengenal kata sambung setara dan tidak setara
  3. Mengenal Kecap Sarimbag dalam bahasa sunda
  4. mengenal kecap kantetan dalam bahasa sunda
  5. Mengenal Perubahan Makna Kata dalam bahasa Sunda
Mengenal 3 pahlawan dari tanah sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...