Permainan Anak Sunda

11 November 2014 3,828 views No Comment
Advertisement

halo semua , bertemu lagi dengan saya Risal pada posting kali ini saya akan membahas mengenai permainan anak sunda yang dimana , posisinya pada masa modern semacam ini mulai tergeser oleh permainan yang berbasis pada teknologi, maka dari itu berikut informasi mengenai permainan anak sunda tersebut.
image

1. Congkak

merupakan sebuah permainan yang di lakukan oleh 2 orang anak, baik itu anak perempuan maupun laki-laki namun pada dasarnya permainan ini hanya di peruntukan untuk anak perempuan saja,  alat yang di gunakan dalam permainan ini di buat dari papan kayu yang panjangnya kurang lebih 40cm, memiliki lebar sekitar 15cm, dimana di atasnya memiliki beberapa lubang yang nantinya di gunakan untuk menyimpan alat semacam kerang laut yang kecil, nah selanjutnya jika ingin memainkan congkak ini anda perlu memasukan alat yang semacam kerang laut tadi kedalam lubang yang terdapat dalam congkak, namun jika tidak ada anda bsa menggunakan biji-bijian seperti halnya biji buah salak atau kerikil juga bisa.

2.permainan cingciripit

permainan cingciripit atau ada yang menyebut juga dingding kripit merupakan permainan yang sangat di gemari oleh anak-anak di darah pasundan, dalam permainan ini di perlukan lebih dari dua orang anak, minimalnya 3-4 orang anak, dimana cara memainkannya adalah dengan cara memasukan telunjuk dalam tangan teman yang di julurkan ke tengah-tengah teman lainnya,anak yang meenjulurkan tangannya sebagai alas bisa sambil menyanyikan lagu darahnya , berikut ini lagunya.

Cingciripit..

tulang bajing kacapit

kacapit ku bulu pare

nulu pare seuseukeutna

jol pa dalang

mawa wayang jek-jek nong….

pas saat menyebutkan “jek-jek nong” tangan yang di julurkan di lipatkan untk menjepit telunjuk teman yang lainnya.

3. encrak

sebuah permainan yang di buat untuk anak perempuan dimana alat yag di gunakan adalah bole kecil dan karang kecil atau orang sunda menyebutnya kuwuk. Cara memainkannya yang dengan di lempar kuwuk atau karang laut kecil tadi ke tanah supaya berserakan , disamping itu secara bersamaan juga bola kecil yang tadi di lempar juga ke atas, kuwuk yang berserakan tadi harus diambil satu pesatu, diambilnya juga tidak asal-asalan ada tekniknya atau aturannya yakni dengan cara pada saat bola di lempar keatas , pada saat itulah kuwuk harus sudah beres diambil semuanya. Memang pada bermain yang satu ini memerlukan konsentrasi dan kecepatan tangan yang cukup mumpuni.

4. Gugunungan

permainan yang di lakukan oleh anak laki-laki dimana jarang ada anak perempuan yang melakukannya, tempan yang di gunakan biasanya di depan halaman rumah yang tanahnya memiliki tekstur lebut. Dimana pada saat bermain ini anak yang bermain duduk atau jongkok di atas tanah sambil menyanyikan lagunya yakni

Paluhur-luhur gunung

pahandap-handap gobang

Paluhur-luhur gunung

pahandap-handap gobang

di nyanyikan beberapa kali sehingga beres gunung yang di buat.

itulah informasi mengenai permainan anak sunda dimana yang memang harus di jaga jangan sampai terhapus oleh ruang dan waktu, untuk generasi muda budayakan dan ajarkan pada generasi berkutnya supaya terhindar dari kebodohan akan budaya yang melimpah.


Related posts:

  1. Sebutan khusus berdasarkan umur dalam bahasa sunda
  2. Sandera Anak Boss
  3. Istilah Pekerjaan Dalam Bahasa Sunda
Permainan Anak Sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...