Percakapan tentang Kurban dalam bahasa sunda

4 October 2014 15,038 views No Comment
Advertisement

selamat malam semuanya , selamat datang kembali di blog ini. Kali ini saya akan memberikan sebuah posting yang berhubungan dengan hari raya i’dul adha , dimana lagi hebohnya di masyarakat, langsung saja simak ceritanya di bawah ini.
image

Joe :”Assalamualaikum pak haji, nuju naon yeuh ?”

joe:”Assalamualaikum pak haji, lagi apa nih ?”

Pak Haji:” eh joe, ieu nuju maraban sapi, kanggo enjing kurban yeuh”

Pak haji:”eh joe, ini lagi ngasih makan sapi buat besok kurban”

Joe:” oh , sugan teh nuju mawa ulin sapi”

joe:”oh gitu, kirain lagi main-main sama sapi”

pak haji:” euh anjeun mah aya-aya wae joe, kumaha yeuh anu bade kurban taun ayeuna saha wae  joe ?”

Pak haji:” euh kamu ini ada-ada aja, gimana joe tahun ini siapa aja yang mau kurban ?”

Joe:” tah eta pa haji abdi kadieu teh bade masihkeun data anu bade kurban taun ayeuna,”

joe:” nah itu pak, saya kesini mau ngasih data yang kurban tahun ini”

pah Haji:” oh kitu sok atuh mangga kadieu, aya sabaraha urang yeuh taun ayeuna ?”

Pak haji:” oh gitu iya silahkan disini aja, ada berapa orang yang mau tahu sekarang kurbannya ?”

joe:” mung sakeudik pa haji taun ayeuna mah, kumargi katinggal taun ayeuna mah harga sapi sareung domba teh rada luhur”

joe:” nah itu dia pak, tahun ini sedikit soalnya harga sapi yang terus mahal jadi banyak yang enggak jadi kurban”

Pak Haji:” muhun oge sih, tah janteun eta dina data anjeun aya saha wae anu tos bade kurban”

Pak haji:” iya juga sih, nah jadi dalam data kamu siapa aja yang mau kurban ?”

Joe:” tah anu bade kurban taun ayeuna mah , pak lurah ,pak anton, sareung pak andi”

joe:” yang mau kurban tahun ini cuma, pak lurah, pak anton sama pak andi”

Pak haji:” eleuh meni sakeudik kitu joe, leres eta teh mung tiluan ?”

Pak haji:” eits dikit sekali joe, cuma tiga orang aja ?”

Joe:” muhun pa haji, da upami abdi aya dana mah abdi oge bade, ngan kitu tea ayeuna mah abdi teh rada seuseut kana rizki teh”

joe:”iya pak, kalo ada dana saya juga mau, ya karena saya gak punya data jadi gini gak kurban tahun ini. rezekinya lai seret”

pak haji:” ari pak nanan moal ? biasana tiap tau osok eta teh”

Pak haji:”kalo pak nanan gak akan kurban ? biasanya tiap tahun sering kurban”

Joe:” kan gara-gara kamari si agung putrana kacilakaan janteun dana kanggo kurbanna ka angge”

joe:” kan karena kemarin si agung anaknya kena kecelakaan jadi uangnya di pake buat berobat anaknya”

Pak haji:”oh kitu enya atuh atos, sok ayeuna mah uruskeun heula ku anjeun abdi bade ngala jukut heula jang ieu sapi”

Pak haji:” oh gitu yaudah kamu urus semua ya yang mau kurban, saya mau mencari rumput dulu buat makan sapi nih”

Joe:” oh kitu oke siap pa haji, abdi pamitnya assalamualaikum”

joe:” oh oke siap saya pamit pak Assalamualaikum”

Pak haji:” waalaikumsalam. kade si jalanna”

joe:” waalaikumsalam, hati-hati d jalan ya “

 

sekian percakapan engenai edisi kurban sapi di hari i’dul adha, semoga menjadi inspirasi untuk anda semua yang membaca untuk senantiasa jika mamapu untuk melaksanakan kurban pada setiap tahunnya.

Related posts:

  1. Mengenal kalimat sapa dan ungkapan dalam bahasa sunda
Percakapan tentang Kurban dalam bahasa sunda | risa | 4.5

Tinggalkan Pesan!

Silahkan tinggalkan komentar atau pesan anda...